First Media
First Media merupakan penyedia layanan telekomunikasi dan multimedia terpadu pertama di Indonesia. First Media mengoperasikan layanannya dengan sistem kabel dua arah atau Hybrid Fiber Optic Coaxial Cable (HFC) yang memadukan penggunaan kabel serat optik dengan kabel coaxsial sebagai mezdia transfer data untuk beragam kebutuhan data digital. Produk yang dihasilkan berupa layanan TV berkualitas gambar standar devinition (SD TV), High Devinition (HD TV) hingga kualitas gambar Ultra High Devinition (4K HD).
Saat
ini First Media merupakan penyedia layanan TV kabel berbayar dengan channel TV
terlengkap dan channel HD terbanyak di Indonesia. Total channel kurang lebih
280 channel, terdiri dari 170 channel standard definition (SD channel) dan
lebih dari 90 channel High Definition (HD Channel) dan 3 Channel Ultra High
Definition (4K HD Channel). Beragam channel masuk dalam kategori film, anak,
pendidikan, gaya hidup, berita, musik, olah raga, intertainment, saluran
internasional dan saluran lokal.
Selain
layanan TV kabel castamer residensial diberikan akses layanan internet tampa
kuota dengan kecepatan mulai 10 Mbps hingga 1000 Mbps selain itu untuk
menunjang kebutuhan dan kenyamanan pelanggan First Media memfasilitasi video on
demand, decorder TV kabel HD hingga Ultra HD dan decorder konvensional hingga
decorder tv kabel berbasiskan android TV dan aplikasi android My FirstMedia dengan
beragam fasilitas, baik kemudahan pengecekan dan pembayaran, kemudahan pemesanan
panggilan teknisi dan castamer service.[1]
First
Media dikenal dengan konsep TriplePlay yang mana First Media memberikan layanan
terpadu mulai dari fasilitas layanan televisi berbayar yang dikenal dengan
HomeCable, Layanan Internet fiber optic berkecepatan tinggi, unlimited tampa
kuota yang dikenal dengan Fastnet dan layanan data komunikasi melalui jaringan
telekomunikasi digital yang dikenal dengan DataComm. First Media saat ini menjangkau
23 kota di Indonesia. Untuk Melayani 2,68 juta rumah tangga (home passed)
dengan total pelanggan residensial saat ini sebanyak 839 ribu.[2]
Pencapaian
First Media tidak terlepas dari rekam jejak perjalanan yang panjang sejak
berdirinya di Surabaya di tahun 1994 sebagai perusahaan kecil internet dengan
nama PT Tanjung Bangun Semesta dan kemudian di tahun 1998 mengakusisi PT Anditirta Indonusa yang saat itu memegang
lisensi tv berlangganan yang dikenal dengan nama Multivision. Layanan tv kabel
mulai digabungkan di tahun 1999 dengan merek dagang Kabelvision dan terjadi perubahan
nama menjadi PT Broadband Multimedia Tbk dan mencatatkan sahamnya pada Bursa
Efek Surabaya.
Kabelvision
merupakan penyedia internet dan tv kabel berbasiskan kabel coaxial yang masih
menggunakan tiang listrik PLN. Sinyal yang digunakan Kabelvision masih berupa
sinyal analog yang mana pelanggan tidak perlu menyewa dekorder tv kabel untuk
dapat menikmati kanal channel tv kabel Kabelvision. Tahun 2000 – 2004 terjadi
expansi jaringan dari analog ke digital yang juga perubahan identitas produk TV
kabel dari Kabelvision ke Digital 1, sedangkan layanan internet mengusung nama
MyNet. Pada 16 Juni 2007, Broadband Multimedia mengganti namanya menjadi PT
First Media Tbk dan sekaligus meluncurkan identitas dan merek baru sebagai
penyedia layanan "Triple Play". Kabelvision dan Digital1 Re-branding
menjadi HomeCable, sementara MyNet Re-branding menjadi FastNet.
Memasuki
tahun 2008, Perseroan mengambilalih PT Link Net sebuah perusahaan yang bergerak
dalam bidang jasa internet. Selain itu, Perseroan mendirikan PT First Media
Production, PT First Media News dan PT First Media Television, sebagai langkah
membangun portofolio bisnis media grup. Layanan Triple Play diperkuat dengan
meluncurkan layanan FastNet dengan kecepatan 10 Mbps, FastNet SOHO, HomeCable
Ultimate dan Family. Tahun 2010 Perseroan menghadirkan layanan High Definition
yang pertama di Indonesia serta meluncurkan layanan FastNet 20 Mbps dan paket
layanan FastNet Kids. pada tahun 2012 terus melahirkan inovasi layanan terbaru
dengan meluncurkan fitur Personal Video Recording dan teknologi OTT (Over the
Top) melalui aplikasi bernama First Media LIVE.
Tahun
2013 jaringan first media sudah mengcoverage 1 Juta Homespassed, memperkenalkan
layanan Fastnet 100 Mbps dan HomeCable dengan 50 kanal High Devinition dan
memperluas wilayah layanan ke kota Bandung. Tahun 2014 mulai diperkenalkan
perangkat Set Top Box (STB) berbasiskan
teknologi Android. Tahun 2017 kolaborasi layanan OTT antara First Media, BOLT!
4G dengan HOOQ dan berbagai penghargaan diterima Link Net baik dari Forbes
Indonesia – Best of The Best Award The Top 50 Companies For 2017. Indonesia
Institute Of Corporate Directorship – Corporate Governance Conference And
Award. Indonesia Corporate Secretary Award 2017 – 5 Top GCG Issues in Media
Sector.
Tahun
2018 First Media meraih WOW Brand Award 2018 dan Indonesia Most Innovative
Business Award 2018. First Media meraih 3 Penghargaan Contact Center Service
Excellence Award 2018. PT Link Net Tbk meraih penghargaan Most Valuable Brand
dengan Brand Value US $ 120 juta dan Brand Rating AA+ dari Brand Finance Asia
Pacific. PT Link Net Tbk meraih penghargaan Indonesia Best Brand Awards 2018.
PT Link Net Tbk meraih mobile DNA award 2018. Beragam penghargaan tidak
terlepas dari inovasi dan solusi yang melibatkan seluruh unit kerja yang
dikenal dengan konsep First Squad dengan semboyan, ‘I Am First Squad’ yang
terbukti mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan yang memampukan
First media sebagai layanan cable TV dan fixed broadband internet yang
direkomendasikan oleh konsumen.
Tugas Direct Sales :
·
Melakukan Penjualan layanan internet dan
TV Kabel First Media di perumahan-perumahan yang telah ditentukan, sesuai
dengan target kerja yang diberikan supervisornya. Umumnya target DS sebesar 16
NAB/ Bulan.
·
Menjalankan Data Selly atau data kunjungan
sales ( DS ditugaskan untuk mengunjungi rumah castamer dan mengisi profiling
castamer. Target pendataan umumnya perhari 40 rumah castamer.
·
Target Pengajuan Jaringan Extension (Sales
ditugaskan mencari area yang belum tercoverage jaringan First Media. Pengajuan
area extension hanya bisa dalam radius maksimal 500 meter dari jaringan yang
sudah tercoverage jaringan)
·
Target KUR (Sales ditugaskan mencari 1
pelanggan first media yang memiliki usaha secara fisik. Melalui Kerjasama
dengan Bank Nubu lahirlah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bertujuan
memberdayakan UMKM pelanggan First Media agar dapat bersaing dan setiap unit
usaha diberikan pinjaman modal sebesar 50.000.000,-
Wilayah
Kerja:
Wilayah
kerja disesuaikan dengan domisili terdekat kandidat atau permintaan kebutuhan
sales.
Benefit
Bergabung sebagai Direct Sales First Media
·
Gaji Pokok UMK Daerah
·
Gaji ke 13
·
BPJS Kesehatan
·
BPJS Ketenagakerjaan
·
Tunjangan Hari Raya (THR)
·
Evaluasi Karir Cepat
·
Insentif Hingga 85% Penjualan Bulanan
·
Bantuan Pinjaman Karyawan
Catatan:
Gaji
Pokok UMK Jakarta saat ini berlaku Rp. 4.417.000,-
Gaji
Ketigabelas diberikan untuk sales yang sudah dilevel Direct Sales 2 (DS2)
Jika
kamu orientasi mengejar karir maka di First Media sudah berlaku Key Performance
Indikators (KPI) untuk menilai kinerja karyawan yang evaluasinya dilakukan
selama tiga bulan. Keuntungannya sistem KPI yaitu setiap karyawan yang memiliki
kinerja baik akan memiliki kesempatan naik jabatan satu tinggat diatasnya. Jika kamu baru bergabung jabataan kamu Direct
Sales 1 dengan gaji UMK dan jabatan level berikutnya Direct Sales 2 dengan gaji
pokok Rp. 4,950.000,-
Insentif
atau komisi penjualan berlaku model berjenjang yang mana besarannya mulai dari
25% hingga 85% dari penjualan bulanan. Bisa dikatakan saat ini First Media
memberikan komisi terbesar ke sales dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan
yang beroperasi di Indonesia. Berikut dibawah Scheme komisi yang berlaku saat
ini:
Pembacaan
Table Insentif:
DS1
(1) : Artinya Direct Sales memiliki masa kerja 1 bulan. Sedangkan DS1 (4-6)
artinya Direct Sales memiliki masa kerja 4-6 bulan.
New
Accunt Book (NAB) yaitu castamer yang sudah dilakukan pemasangan dan sudah
melakukan pembayaran iuran bulanan. Tugas sales yaitu:
Sales
Order (SO) yaitu proses mendapatkan castamer baru yang belum
sama sekali melakukan pemasangan atau hanya castamer yang tidak memiliki
Riwayat menunggak di First Media saja yang dapat dilakukan pengajuan pemasangan.
Jika sales medapatkan pengajuan pemasangan baru maka castamer mengisi data dan
dokumen kelengkapan pemasangan dan jika tidak memiliki kendala dan bisa
dilakukan penginputan (penginputan hanya bis ajika pengajuan statusnya
pelanggan baru) maka disebut Sales Order.
Work
Order (WO) yaitu proses lanjutan selelah Sales Order (SO) yang
mana data orderan pemasangan sales ditindak lanjuti untuk dilakukan ferifikasi
dan penetapan jadwal pemasangan. Proses pertama yaitu ferivikasi ulang jadwal
pemasangan baik hari dan slot pemasangan sesuai keinginan castamer.
Sales
Active (SA) yaitu proses lanjutan setelah setelah
jadwal WO sudah ditetapkan yaitu Sales Active atau proses pemasangan dan
mengaktifkan layanan internet dan tv kabel di rumah castamer.
Kinerja sales akan
dihitung jika proses SO – WO - SA sudah dilakukan dan castamer sales sudah
melakukan pembayaran iuran bulanan. Jika castamer sudah melakukan pembayaran
bulanan maka disebut New Account Book (NAB).
NAB
pada table insentif diatas merupakan target pencapaian minimal pemasangan yang
ditetapkan managemen Linknet yang harus dicapai seorang pekerja yang mana
semakin lama masa kerjanya semakin besar pencapaian kerja yang harus dicapai.
Penilaian Managemen yaitu semakin lama masa kerja maka semakin memiliki
kopetensi kerja yang baik sesuai standar perusahaan.
TIER
: Merupakan total nilai paket penjulan direct sales selama 1 bulan. Tier
menjadi dasar penghitingan komis sales diluar gaji pokok. Tier/ Komisi sales berlaku
model berjenjang mulai:
TIER 1 : 25%
TIER 2 : 55%
TIER 3 : 85%
Contoh
1
: Masa kerja 2 bulan, total penjulan 3,250.000,- maka masuk ke TIER 2 dengan
penghitungan komisi 55% maka penghitungannya pendapatannya:
3,250.000
x 55% + 4.417.000 (Gaji Pokok) Maka Total pendapatan Rp. 6.204.500,-
Contoh
2
: Masa kerja 1 bulan, total penjulan 5.400.000,- maka masuk ke TIER 3 dengan
penghitungan komisi 85% maka penghitungannya pendapatannya:
5.400.000
x 85% + 4.417.000 (Gaji Pokok) Maka Total pendapatan Rp. 9.007.000,-
Memahami
Target Pencapaian Supervisor
Target
dasar Penjualan Supervisor yaitu 145 NAB dengan komposisi jumlah Direct Sales yaitu
9 orang. Supervisor akan mendapatkan pendapatan 14.700.000 jika Supervisor
mencapai 145 NAB. Sebaliknya tidak mencapai 145 maka Supervisor hanya mendapatkan
Gaji pokoknya saja sebesar 5,900.000,-. Secara psikologis supervisor akan
berusaha mencapai angka 145 NAB agar memiliki pemasukan lebih untuk memenuhi
beragam kebutuhannya maka untuk mencapai targetnya penghitungannya 145 NAB : 9 DS
maka per DS target minimalnya yaitu 16 NAB.
Bisa
dikatakan bahwa jika kamu bagian dari tim maka secara psikologi supervisor akan
memberikan target ke kamu minimal sebesar 16 NAB/ Bulan. Mengapa dikarenakan
jika sales diberikan target sesuai dengan scheme komisi KPI managemen maka yang
terjadi supervisor tidak akan mencapai targetnya dan ketika target supervisor
tidak tercapai maka secara pshikologi akan mengganggu emosional supervisor yang
akan mungkin mempengaruhi hubungan supervisor dengan direct salesnya. Maka
dibawah saya akan memberikan simulai pendapatan minimum yang sewajarnya didapatkan
seorang direct sales, Berikut :
Masa Kerja : 1 Bulan
Pemasangan : 16 NAB
Combo Family POP
30% : 254.150,-
Revenue Penjualan : 254.150 x 16 = 4.066.400,-
TEAR : 85%
Gaji Pokok : 4.417.000
Total Pendapatan
Penghitungannya:
4.066.400
(Revenue) x 85% (Tear 3) + 4417.000 (Gaji Pokok DS) = 7.873.440
Umumnya
Direct Sales memiliki pendapatan:
·
Pendapatan Kecil : 4,700.000 - 5,600.000
Juta. Dikategorikan kinerja sales buruk, malas dan kurang menguasai produk dan
medan kerja.
·
Pendapatan Sedang : 7,600.000 - 8,600.000
Juta. Dikategorikan kinerja sales baik, rajin dan bisa berkembang.
·
Pendapatan Besar : 10.250.000 - 21.000.000
Juta. Dikategorikan kinerja sales baik, sales memiliki tujuan kerja dan fokus
kerja.
PROMO PAKET POP - POTONGAN IURAN 30% SELAMA 12 BULAN
INTERNET DAN TV KABEL FIRST MEDIA JANUARI 2022
PROMO PAKET NORMAL - POTONGAN IURAN 30% SELAMA 12
BULAN
INTERNET DAN TV KABEL FIRST MEDIA JANUARI 2022
KETERANGAN
PROMO PAKET
·
Dibuka semua channel selama 3 bulan
pertama dan dibulan ke 4 channel TV kabel sesuai paket yang diambil
·
Upgrate speed internet selama 6 bulan
pertama dan dibulan ke 7 kecepatan internet Kembali sesuai paket yang diambil.
·
Promo potongan iuran 30% berlaku selama 12
bulan pertama dan dibulan ke 13 iuran Kembali normal
·
Iuran paket diatas sudah termasuk pajak
·
Gratis biaya pemasangan khusus pemasangan
rumah tinggal
·
Pengajuan pemasangan dengan status
penghuni kos, kontrakan, apartemen dan ruko dikenakan biaya pemasangan sebesar
Rp 110.000 [Sudah termasuk pajak]
·
Perangkat baik Modem, Router Wifi dan
Dekorder TV Kabel dipinjamkan selama berlangganan
·
Layanan TV Kabel dapat diparalel maksimal
ke 4 TV berbeda dengan channel berbeda dan perangkat yang berbeda. Khusus
decoder TV ke 2 - 4 dikenakan biaya sewa decoder per-tvnya Rp. 50.600/ Bulan
[sudah termasuk pajak]
·
Gratis kabel sepanjang 40 Meter [Kelebihan
kabel dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 11.000/ Meter [sudah termasuk pajak]
·
Tidak ada pembayaran di Rumah, teknisi
tugasnya hanya melakukan pemasangan dan langsung aktif, layanan internet dan TV
kabel dapat langsung digunakan castamer.
·
Pembayaran paling lambat 10 hari setelah
dilakukan pemasangan.
·
Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM,
Teller, SMS Banking dan Internet Banking atau datang ke gerai Hypermart,
Alvamart, Indomaret dan Ceriamart atau bisa juga menggunakan aplikasi OVO,
Tokopedia, Shopee dan jasa pembayaran online yang sudah bekerjasama dengan sama
dengan First Media
·
Tagihan bulanan dikirimkan melalui email
yang didaftarkan castamer saat pengajuan berlangganan dalam bentuk e - Billing
Statement. Diharapkan castamer mengecek tagihan bulanan melalui email yang
didaftarkan. Billing Statement memberikan rincian penagihan pengeluaran
castamer termasuk sampai masa berlaku promo paket dan jika ada nilai yang tidak
dikehendaki maka castamer dapat menghubungi castamer service di no 021-
25596000
·
1-2 hari setelah pendaftaran, tim
verifikasi akan menghubungi castamer untuk menanyakan kembali sesesuaian jadwal
pemasangan, paket yang diambil dan alamat pemasangan. Sehingga pastikan sales
mengingatkan castamer untuk mengaktifkan no telepon yang dapat dihubungi.
Data
dan dokumen kelengkapan pengajuan instalasi internet dan TV kabel First Media,
antara lain:
·
Nama lengkap :
·
Alamat lengkap Instalasi :
·
2 No Telp Castamer :
·
Alamat Email :
·
Foto KTP :
·
Paket yang diambil :
Catatan
:
Alamat
lengkap Instalasi merupakan alamat pemasangan bukan berdasarkan alamat KTP.
Baiknya kamu menulisnya lengkap berserta RT/RW dan patokan rumah tujuannya agar
memudahkan pencarian rumah saat instalasi nantinya.
Saat
kamu closing baiknya meminta 2 no telepon castamer yang dapat dihubungi.
Tujuannya dengan adanya 2 no telepon maka meminimalisir kemungkinan castamer
tidak dapat dihubungi. Interaksi dengan castamer dibutuhkan saat ferivikasi
instalasi dan mengingatkan pembayaran iuran castamer.
Saat
kamu closing baiknya ingatkan castamer bahwa Billing Stetmen/ Billing Tagihan
dikirimkan melalui email yang didaftarkan. Biling stetmen memuat secara rinci
tagihan pemakaian bulanan castamer maupun masa berlaku promo. Bayak kasus dilapangan
castamer beranggapan bahwa iuran selalu berubah-ubah namun nyatanya tidak ada
perubahan iuran tetepi karena castamer tidak melihat billing stetmen maka
terkadang castamer tidak melakukan pembayaran yang akhirnya pembayaran tertagih
hingga 2 bulan atau lebih.
Jika
castamer tidak memiliki KTP bisa menggunakan SIM atau PASPOR dan pastikan identitas
castamer sudah berumur minimal 21 Tahun
CREATE
ACCOUNT (CA)
Castamer
yang dapat dilakukan pemasangan hanya castamer yang alamat rumahnya terdata di
database jaringan First Media. Pengecekan alamat castamer sudah terdata atau
belum dapat dilakukan melalui 2 metode :
·
Pengecekan melalui Website First Media
https://www.firstmedia.com/get/subscribe/cek-area-layanan
·
Pengecekan melalui Aplikasi Sales : DirectSales
Castamer
yang alamat rumahnya tidak terdata di data jaringan First Media namun di lokasi
rumah castamer tercoverage jaringan First Media tetep saja tidak dapat
dilakukan pemasangan langsung. Pada kasus ini kamu harus terlebih dahulu
mengajukan create account (CA) agar rumah castamer yang mengajukan pemasangan terdata
di database homepass First Media.
Rumah
castamer tidak terdata di database jaringan First Media dikarenakan berapa
sebab, pertama, saat pembangunan jaringan rumah castamer masih berstatus tanah
kosong. Kedua, saat pembangunan jaringan rumah castamer hanya satu rumah belum
terpecah. Ketiga, saat pembangunan jaringan memang castamer tidak memasang no
rumahnya. Keempat, posisi rumah castamer berada dipertigaan atau perempatan
jalan maka terlebih dahulu kamu lakukan pengecekan no rumah castamer apa
terdata di jalan sisi samping atau no rumah castamer terdata masuk pada sisi
depan jalan dan jika kedua sisi jalan rumah tidak ada no rumah castamer maka
kamu lakukan create account.
Sharat-Sharat
Kelengkapan Pengajuan Create Account, antara lain :
·
Jarak pengajuan pemasangan maksimal 50
meter dari TAP First Media terdekat dan tarikan kabel lurus dan tidak melewati property
milik orang lain, seperti garasi, atap dan bangunan tetangga.
·
Menyertakan data dan dokumen pengajuan
pemasangan
·
Membuat denah no no rumah yang ada
disekeliling rumah castamer yang mau dipasang. Pembuatan denah no rumah
castamer disketsa di kertas menggunakan pulpen atau pensil. Berikut beberapa
contoh denah pengajuan create account:
Contoh
Kasus 1
Pengajuan
castamer Santo Sinaga, alamat rumahnya di Jalan Anggrek Gang Melati 1 No 15B RT
12/01 Area Jatibening 17412.
Catatan
Kasus 1 : Posisi jaringan/ TAP First Media hanya berada di Jalan Anggrek dan
Jalan Camar sedangkan di Jalan Anggrek Gang Melati 1 tidak ada TAP jaringan
First Media. Posisi TAP ada di Jalan Anggrek depan rumah No 36. Estimasi jarak
dari TAP ke rumah castamer kurang dari 20 Meter.
Contoh
Kasus 2
Pengajuan
castamer Abel Kautsar, alamat rumahnya di Mampang Prapatan 8 No 39 RT 03/02
Area Mampang.
Catatan
Kasus 2 : Posisi jaringan/ TAP First Media sudah ada disekeliling rumah
castamer, namun no rumah castamer tidak terdata dikarenakan memang castamer sejak
dahulu tidak memasang no rumah di depan rumahnya dan estimasi jarak dari TAP ke
rumah castamer kurang dari 20 Meter.
Kelebihan
Aplikasi My First Media
Aplikasi
My First Media tujuannya memudahkan pelanggan memaksimalkan layanan First
Media. Kemudahan yang diberikan aplikasi My FirstMedia adalah Pengecekan
billing, Pembayaran Online, Bantuan Teknisi dan Castamer Service, Penawaran
Paket Tambahan dan Program Promo dan Pemberitahuan Informasi Pelanggan.
Cara
Mudah Booking Online Teknisi First Media[3]
Jika
castamer kamu mengalami gangguan pada jaringan, kamu bisa mengarahkan castamer
bisa melakukan troubleshooting mandiri dengan “FITA”. FITA adalah First
Media Troubleshooting Asisten yang siap membantu castamer untuk mendapatkan
solusi dan informasi seputar layanan First Media. Caranya mudah, castamer bisa
langsung download aplikasi “My First Media” di google play atau appstore dan
nikmati kemudahannya bersama FITA, One Key To Solve Your Problem.
Selain
itu, jika castamer membutuhkan bantuan teknisi, dapat langsung melakukan online
booking kunjungan teknisi ke rumah.
Berikut
cara mudah booking online teknisi First Media:
1.
Download aplikasi My FirstMedia di google play atau appstore.
2.
Buka aplikasi My FirstMedia dan login menggunakan First ID.
3.
Pilih menu “troubleshooting”.
4.
Pilih masalah kamu dan ikuti langkah-langkahnya.
5.
Aplikasi akan otomatis melakukan restart modem / STB.
6.
Setelah selesai restart, akan muncul 2 opsi
7.
Pilih satu masalah yang terjadi. Klik “No” jika tips belum berhasil.
8.
Booking kunjungan teknisi, lalu klik “submit”.
Metode
Kerja Menjadi Best Sales
Perlu
kamu sadari, diperusahaan manapun dan dibidang apapun kamu bekerja pastinya
pihak managemen menginginkan karyawannya yang memiliki kinerja kerja sesuai
standar yang berlaku maka setiap perusahaan memiliki penilaian tertentu dalam
menilai kinerja karyawannya atau Key Performance Indikators (KPI).
Buat
karyawan yang berprestasi pastinya perusahaan mendapatkan penghargaan baik
kenaikan level jabatan, insentif dan bonus yang besar, namun sebaiknya karyawan
yang tidak memiliki kinerja kerja yang diharapkan managemen pastinya
memdapatkan sangsi dalam berbagai bentuk.
Bisa
dikatakan supervisor akan mempertahankan salesnya yang memiliki kinerja sesuai
yang supervisor kehendaki. Sehingga situasi hubungan antar sales terbangun
persaingan kerja dan jika kamu tidak menyadari situasi persaingan tersebut,
dampaknya kamu tidak memiliki peluang bisa dipertahankan. Kamu perlu sadari
bahwa saingan kamu sudah memiliki modal kerja, antara lain :
·
Pengalaman kerja dan adaptasi medan kerja
·
Presentasi produk yang baik
·
Relasi dengan bayak castamer dikarenakan
brosur yang sudah tersebar bayak
·
Minset dan tujuan kerja saingan kamu sudah
terbentuk
Modal
kerja diatas tidak kamu miliki saat ini dikarenakan kamu baru bergabung kerja.
Sedangkan supervisor menganggap semua sales dibawah koordinasinya diharapkan
memiliki kemampuan tidak jauh berbeda yang mana target DS baru yaitu 16 NAB,
sedangkan DS lama ditargetkan minimal 18 NAB. Pencapaian kerja DS baru dan DS
lama diharapkan supervisor akan mencapai targetnya yaitu 145 NAB/ Bulan.
Berangkat
dari situasi persaingan dan posisi kamu yang lemah dibandingkan sales yang
lebih dahulu bekerja maka untuk merubah situasi dan menjadikan diri kamu
menjadi sales terbaik saya memberikan masukan lakukan cara dibawah:
I.
Rajin Bekerja
a. Rajin
Menyebar Brosur
Membagikan brosur sebayak
bayaknya. semakin bayak kamu menyebar brosur maka peluang closing semakin
bayak. Jangan berikan kesempatan sales lain mengambil kesempatanmu maka
pastikan tidak ada satu rumahpun yang luput dari brosur kamu. Brosur adalah
senjata utama kamu agar castamer bisa menghubungi no telepon kamu.
b. Rajin
Presentasi
Pastinya sales baru tidak
memiliki kemampuan presentasi baik, dampaknya kamu sulit mendapatkan
pemasangan. Presentasi yang buruk dikarenakan minimnya pengetahuan akan produk
dan kondisi kamu yang masih penyesuaian medan kerja. Kendala presentasi bisa
kamu atasi dengan cara. Pertama, memperbayak presentasi dengan castamer.
Semakin bayak kamu melakukan presentasi dengan castamer maka semakin besar
peluang kamu closing dan semakin pandai kamu presentasi. Kedua, amati tiru modifikasi
cara sales senior presentasi dan jika kamu merasa sudah pede maka coba dan lakukan
terus-menerus.
Ketiga, targetkan diri
kamu berapa bayak presentasi perharinya kamu harus lakukan, evaluasi dari
jumlah presentasi yang dilakukan berapa jumlah SO yang dihasilkan setelah di
evaluasi maka kamu mendapati berapa jumlah minimal harus presentasi untuk
mencapai target yang kamu harapkan. Evaluasi presentasi memungkinkan kamu dapat
menyempurnakan kalimat yangkurang efektif menjadi kalimat yang menarik saat
presentasi. Keempat, tambah trus pengetahuan kamu mengenai produk First Media
dan kompetitornya terlebih khusus indihome. Semakin bayak pengetahuan kamu
mengenai berbagai produk maka semakin nyaman castamer berkomunikasi dengan kamu.
c. Disiplin
Waktu dan Disiplin Komitmen
Waktu sangatlah berharga dan setiap
sales diberikan waktu kerja yang sama tetapi yang membedakannya adalah motivasi
kerjanya. Seorang best sales akan semaksimalkan waktunya untuk mendapatkan
hasil yang maksimal. Metode kerja direct sales yang benar berdasarkan pembagian
waktu kerja satu hari dengan target pencapaian harian. Dibawah merupakan metode
yang saya gunakan sewaktu menjadi sales yang mana dalam satu hari, saya membagi
menjadi 4 sesi dengan target maksimal 4 SO/Day, Berikut dibawah
SESI I :
07.00-09.00
SESI II : 09.00-11.45
------- ISTIRAHAT -------
SESI III : 14.20-15.00
SESI IV : 15.00-17.45
Jika kamu
menerapkan motode kerja diatas dengan konsisten, besar harapan akan
menghasilkan minimal 2 SO/ Day. Waktu mendapatkan sales order/ closingan paling
efektif mulai jam 07.00-11.00 sedangkan diatas jam 11.00 adalah waktu tambahan dikarenakan
umumnya castamer sedang tidur siang, sehingga potensi kamu bertemu castamer
akan berkurang. Sewaktu jam istirahat 11.45-14.20 baiknya kamu gunakan untuk
tidur siang. Dengan tidur siang kamu memberi kesempatan pikiran kamu
beristirahat memungkinkan suasana hati dan konsentrasi kembali membaik dan ini
diperlukan ketika kamu berhubungan kembali dengan castamer.
Area di luar
perumahan/ open cluster kemungkinan bertemu castamer lebih bayak dibandingkan jika
kamu menawarkan diperumahan. Baiknya di hari senin – jumat kamu bekerja di area
open cluster, sedangkan di hari sabtu dan minggu lebih baik jualan diarea perumahan dimana sabtu dan
minggu umumnya merupakan hari libur untuk pekerja.
II. Memilih
Rekan Kerja Terbaik
Temen bermain tidak memiliki pengaruh besar terhadap
hidupmu tetapi rekan kerja memiliki pengaruh besar terhadap penghasilan yang
kamu dapatkan dikarenakan rekan kerja memiliki pengaruh terdahap budaya kerja
dan orientasi kerja kamu. Salah memilih teman kerja dampaknya terhadap
penghasilan kamu maka sebelum mencari temen kerja baiknya tanyakan ke
supervisor siapa sales terbaik di timnya atau siapa sales yang memiliki
penghasilan terbesar di tim kita atau kamu dapat menggali informasi mengenai
sales terbaik di lingkungan kerja kamu dan lakukan pendekatan agar sales
tersebut dapat menjadi teman tandemmu.
Perlu kamu sadari bahwa tidak ada manusia yang mau
menciptakan saingan baru terhadap dirinya sendiri atau di dunia pekerjaan
berlaku hukum persaingan maka kamu jangan berharap seorang best sales mau
mengajarkan atau tandem dengan kamu. Cara pendekatannya kamu lakukan dari sisi
emosional dan sesuaikan ritme kerja dengan ritme kerjanya.
III. Perbayak
Metode Penjualan dan Sadari Kelebihan Diri Kamu
Direct Sales merupakan salah satu metode penjualan
yang dilakukan secara langsung atau bertatap muka langsung dengan castamer. Pada
nantinya semua sales akan melakukan cara yang sama yaitu melakukan penjualan
langsung door to door ke rumah castamer yang mungkin dengan brosur, atribut dan
presentasi sales yang hampir hampir mirip satu sama lainnya maka besar
kemungkinan pendapatan akan yang didapatkan sales pastinya tidak jauh berbeda
satu sama lainnya.
Kunci utama kerja sales yaitu angka dan ketika kamu
memiliki angka maka tidak hanya penghasilan dan karir yang baik tetapi berbagai
akses keistimewan bisa kamu peroleh dibandingkan sales lainya. Misal boleh
jualan diarea mana saja, tidak ada tekanan kerja oleh supervisor, diizinkan
libur kapanpun yang dikehendaki, Dsb.
Berbagai keistimewaan diatas bisa kamu miliki jika
kamu memiliki kelebihan dibandingkan sales lainnya. Jika kamu menginginkan
pendapatan lebih besar dibandingkan semua sales yang ada maka kamu harus
pikirkan bagaimana melakukan penjualan dengan mudah, metode atau stategi apa
yang harus dilakukan dan apa yang membedakan kamu dengan semua sales yang ada. Semakin
bayak metode penjualan yang kamu gunakan semakin besar peluang kamu mendapatkan
castamer dibandingkan sales lainnya. Metode jualan yang bisa kamu lakukan yaitu
melalui social media, marketplace, website, benner, spanduk, folloup data
castamer diskonect, dsb.
Jika kamu menyadari apa yang membedakan kamu dengan
sales lainnya sudah pasti kamu akan menjadi sales terbaik. Sales terbaik
pastinya mengetahui apa yang menjadi kelebihannya dibandingkan sales lainnya.
Caranya dengan mengamati, meniru dan memodifikasi metode yang dilakukan orang
lain. Kamu dapat mengamati mulai dari hal terkecil, salah satunya brosur.
Buatlah brosur yang memiliki keterbacaan baik, brosur yang baik yaitu brosur
yang dapat dipahami pembacanya dalam waktu 5 detik. Brosur tingkat keterbacaan
lebih dari 5 detik memiliki beresiko menurunkan tingkat penjualan. Umumnya
sales tidak kreatif dan tidak peduli terhadap alat alat perangnya dan hanya
bergantung dari fasilitas ketersediaan perusahaan yang disadari kurang efisien.
[1] Eko Prabowo, Skripsi, Analisis Kualitas Layanan Pada
Perusahaan TV Kabel dan Internet PT. First Media, Institut Bisnis Nusantara,
Jakarta, 2005. Hal 35
[2] First Media Kembali Terpilih Menjadi Salah Satu Brand
Paling Direkomendasikan oleh Konsumen diunduh dari
[3] Cara
Mudah Booking Online Teknisi First Media,
https://www.firstmedia.com/article/cara-mudah-booking-online-teknisi-first-media